Medium aa

Sebuah video yang menayangkan insiden protes Ahok pada salah satu Staf Ahli BPK menjadi viral di dunia maya. Video berdurasi 4 menit 22 detik ini diunggah pertama kali oleh akun beritajakartavideo di situs YouTube dan menyebar dalam waktu singkat. Teman Ahok melalui akun media sosial, turut menyebarkan video tersebut yang mendapat banyak respon kritis dari masyarakat.

Menyebarnya video dengan logo ‘Berita Jakarta’ tersebut rupanya memancing respon prematur dari pihak BPK. Ahok mengaku menerima info dari Diskominfomas, bahwa pihak BPK menelepon dan meminta Berita Jakarta segera menurunkan berita video itu. “Itu diteleponin lho kemarin, supaya dicabut katanya” ujar pria yang akrab disapa Ahok ini. Ahok juga mempertanyakan langkah BPK tersebut, “Kalau BPK resmi, suruh surat dong (cabut video). Berarti BPK apa? Takut, oknum BPK ketakutan sekarang” kata Ahok, seperti dilansir dari Kompas.com.

Teman Ahok, sebagai gerakan publik pendukung Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, juga turut mempertanyakan sikap BPK yang dinilai tendensius. Amalia Ayuningtyas, juru bicara Teman Ahok, mempertanyakan dengan kejanggalan sikap BPK tersebut. “Menurut kami ini ada yang aneh ya. Padahal kita sebagai masyarakat kan berhak tahu. Okelah kalau proses pemberian keterangan sifatnya rahasia. Tapi BPK minta Berita Jakarta nurunin video itu menurut kami lebih aneh lagi. Memang ada apa sebenarnya?” ujar Amalia.

Lia mengaku Teman Ahok turut menyebarkan video kontroversial tersebut melalui akun media sosial. “Iya, kita sebarin, dan kita nggak hapus (video tersebut). Respon netizen sangat kritis dan video itu menyebar cepat sekali. Ini indikasi bahwa masyarakat udah nggak bisa dibodohi lagi” tandasnya.

Sebelumnya, Teman Ahok juga sempat membuat pernyataan sikap terkait tendensi BPK dalam pemeriksaan yang berlangsung selama sembilan jam tersebut. Pasalnya, Ahok diketahui tidak boleh membawa satu orang stafpun, bahkan sekedar untuk membantu mencarikan berkas yang diminta BPK. “Ya kami sepakat sikap BPK ini tendensius. Kami penasaran, apa perlakuan BPK juga sama pada kepala daerah lain seperti pada pak Ahok, meskipun pak Ahok sudah berupaya sangat kooperatif terhadap pemanggilan ini” ujar Lia. Lia juga mengatakan bahwa Teman Ahok akan senantiasa mengawal isu ini hingga terungkap siapa dalang dibalik kisruh lahan RS. Sumber Waras.

Video ini sampai hari ini masih ada  di social media. Selain di channel Berita Jakarta di Youtube, Video ini juga bisa disaksikan di channel Teman Ahok di Youtube serta Video Facebook Teman Ahok. (RCH)