Senin siang (25/01), komunitas relawan Teman Ahok berkunjung ke Balai Kota menemui Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, atau akrab disapa Ahok. Kunjungan ini bermaksud untuk meyakinkan Ahok agar maju ke bursa pilgub melalui jalur independen. Amalia Ayuningtyas, juru bicara Teman Ahok mengatakan bahwa, gencarnya manuver politik parpol saat ini berpotensi menjebak Ahok. “Pak Ahok didukung rakyat, terbukti dari pengumpulan KTP yang sudah melebihi syarat minimal pencalonan independen. Kita juga sudah yakinkan Ahok kalau kita sanggup menggenapkan dukungan hingga satu juta KTP. Ini jelas membuat parpol was-was. Maka sebagai teman, kami tidak mau Pak Ahok sampai terjebak dengan permainan politik parpol” tegas Amalia.

Harapan Teman Ahok terjawab dengan kepastian Ahok akan maju independen. Ahok memastikan bahwa dirinya akan maju bersama Teman Ahok melalui jalur independen. “Tadi Pak Ahok sendiri sudah pastikan akan maju independen bersama Teman Ahok. Soal parpol ada yang mau dukung beliau silakan, yang jelas, Ahok tetap maju bersama kita” papar Amalia bersemangat.

Selain itu pada kesempatan tersebut, Teman Ahok juga mengemukakan harapannya untuk calon Gubernur yang akan mendampingi Ahok. “Harapan kita, cawagub yang penting punya semangat yang sama dengan Pak Ahok. Bersih, mau bekerja untuk rakyat, bisa bersinergi dengan Ahok, dan bukan yang hobi bermanuver” ujar Amalia. Untuk nama calon Gubernur sendiri, Teman Ahok tidak ingin mendikte keputusan Ahok.

Meski demikian, Amalia mengaku Teman Ahok akan senantiasa mengawal siapa sosok yang pantas mendampingi Ahok. “Jelas kita tetap kawal, meskipun dari awal kita nggak mau memberatkan Pak Ahok dengan tuntutan ini-itu. Yang penting kita sudah sampaikan harapan kita sebagai warga Jakarta, selebihnya kita percaya sama Pak Ahok” kata perempuan 23 tahun ini.

Obrolan antara Ahok dan Teman Ahok berjalan cair meski berada dalam suasana makan siang yang cukup formal. Pada kesempatan tersebut, relawan Teman Ahok juga sempat menceritakan beberapa pengalaman yang dialami saat proses pengumpulan KTP. “Pak Ahok orang yang menyenangkan dan baik. Meski kita baru sekali ketemu, tapi beliau sangat welcome dengan kedatangan kita. Mudah-mudahan ini bisa jadi penyemangat lagi buat kita kedepannya” tutup Amalia.