Setelah diputuskan untuk mengumpulkan KTP ulang pada hari Jumat (11/03) malam yang lalu, Teman per hari Selasa (16/03) telah berhasil mengumpulkan 74. 441 KTP. Hal ini merupakan hasil yang menggembirakan, apalagi pengumpulan ini dilakukan serentak dengan penyiapan sumber daya dan infrastruktur.

“Luar biasa, Jumlah ini melebihi target kita yang hanya 7500 perhari. Mungkin ini jawaban dari warga Jakarta dari keputusan Pak Ahok maju di jalur Independen.” kata Amalia  Ayuningtyas, Juru Bicara Teman Ahok.

“Pengumpulan ulang tidak mengendurkan semangat warga Jakarta buat mengumpulkan KTP. Sebaliknya, justru posko dan booth kami terus kedatangan orang yang mau menyerahkan KTP. Bahkan ada booth mal yang buka sampai tengah malam. Sehari bisa lebih 5000 dukungan masuk” papar Amalia.

Jumlah ini makin menggembirakan karena sebenarnya jumlah Booth Teman Ahok belum begitu banyak. Sampai hari ini hanya ada sebelas booth yang aktif. Amalia mengaku, saat ini Teman Ahok masih berpacu baik dalam pengumpulan maupun menambah daya jangkau. Teman Ahok, kata Amalia, saat ini menerima banyak tawaran mendirikan posko dan booth baik dari masyarakat, tokoh masyarakat, hingga pengelola pusat perbelanjaan. “Semua sekarang ingin berpartisipasi. Seperti ada om Darwis Triadi menawarkan sekolah fotografinya di daerah Patimura untuk dijadikan posko. Mal juga banyak yang tertarik nawarin, karena booth Teman Ahok ternyata menambah jumlah pengunjung Mall.” kata Lia.

Selain posko, bentuk partisipasi lain juga berdatangan. Mulai dari bantuan pencetakan form hingga pembelian merchandise dan bantuan pengadaan barang lainnya. Amalia mengaku partisipasi warga semakin meningkat pasca ditetapkannya calon wakil gubernur. Menurut Amalia, hal ini menunjukkan kesungguhan masyarakat yang menginginkan Ahok maju kembali sebagai gubernur independen. “Kita melihat fenomena ini sebagai bukti bahwa masyarakat Jakarta sungguh-sungguh menginginkan Ahok maju kembali sebagai gubernur independen bersama Heru” tutup Amalia.

Seperti diketahui sebelumnya, komunitas relawan Teman Ahok tengah melakukan pengumpulan ulang. dukungan dan KTP untuk pasangan Cagub – Cawagub Independen, Ahok-Heru dengan form baru. Hal ini dilakukan untuk menutup semua celah yang mungkin dilakukan lawan dalam rangka menjegal Ahok maju melalui jalur independen yang mempermasalahkan belum tercantumnya nama cawagub pada form lama.