Teman Ahok mengimbau masyarakat untuk membeli dan mengenai ciri khas merchandise original Teman Ahok jika ingin mendukung gerakan Teman Ahok. Imbauan ini berkaitan dengan menjamurnya akun toko online yang menjual merchandise dengan atribut Teman Ahok dan mengatasnamakan dukungan terhadap gerakan Teman Ahok. Padahal, kaos yang dijual selain oleh Teman Ahok sama sekali tidak menyumbang kontribusi khususnya secara finansial terhadap gerakan Teman Ahok.

“Kita mengimbau teman-teman yang berniat memberikan dukungan untuk membeli merchandise original Teman Ahok. Karena merchandise yang dijual diluaran itu mengatasnamakan ‘dukungan terhadap Teman Ahok’ padahal sebenarnya murni komersil. Kita nggak mau teman-teman yang niatnya beli untuk nyumbang, malah tertipu” papar Amalia Ayuningtyas, Juru Bicara Teman Ahok.

Menurut Amalia kebanyakan produk kaos merchandise yang dijual dengan mengatasnamakan Teman Ahok, sebetulnya mematok harga yang tidak jauh berbeda dari merchandise original, bahkan beberapa menjual dengan harga lebih mahal. “Kalau dibilang kaos Teman Ahok KW itu lebih murah sih kita amati selisihnya paling lima sampai sepuluh ribu. Bahkan ada yang lebih mahal, diatas 120 ribu untuk kaos T-Shirt” katanya.

Padahal, penjualan kaos Teman Ahok sejatinya bukan bertujuan komersil, melainkan sebagai satu-satunya sumber pendanaan gerakan Teman Ahok. Sistem pengadaan barang menggunakan mekanisme crowdfunding (baca juga:hyperlink artikel sebelumnya), sehingga tidak bisa langsung diproduksi massal.

Untuk mempermudah masyarakat dalam membedakan merchandise asli dan yang bukan, Teman Ahok menjelaskan beberapa ciri khusus sebagai penanda orisinalitas kaos merchandise Teman Ahok, diantaranya:

1.Brand di bagian kerah belakang Teman Ahok

2.Brand bordir samping Teman Ahok (untuk polo dan kaos keluaran terbaru)


3.Kantong Plastik berlogo Official/Original Teman Ahok


4.Logo Fabric Teman Ahok di bagian dalam


5. Pembelian dengan Goodie Bag Teman Ahok (jika tersedia)

Kaos TemanAhok hanya dijual di Booth dan Posko TemanAhok yang lokasinya bisa dicek di www.temanahok.com/posko. Sedangkan pemesanan online hanya dilayani secara langsung dengan nomor pemesanan 081222255490 via SMS maupun WhatsApp. Untuk melihat catalog online, teman-teman bisa mengunjungi www.temanahok.com atau fb.com/TokoTemanAhok. Selain itu, teman-teman juga bisa membeli langsung merchandise Teman Ahok di markas besar TemanAhok di Graha Pejaten No 3, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.