Dalam rangka menggalang partisipasi warga Jakarta pada kegiatan pengumpulan KTP, Teman Ahok akan menyelenggarakan Teman Ahok Fair. Salah satu tujuan utama diselenggarakannya Teman Ahok Fair adalah untuk penggalangan dana dan dukungan dalam memenuhi syarat administrasi yang ditetapkan KPU.

Juru bicara Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas mengaku pihaknya membutuhkan dukungan penuh warga Jakarta. Khususnya dalam menyelesaikan tahapan administratif dari KPU yang menjadi syarat pencalonan Gubernur Independen  “Alhamdulillah tahap pengumpulan KTP kita sudah hampir mencapai target tapi masih ada tahapan yang tidak kalah penting yang harus kita lewati bersama, salah satunya pemenuhan syarat administratif ” ujar Amalia.

KPUD DKI Jakarta  sendiri telah mengeluarkan tahapan untuk Pilkada DKI yang tertuang dalam PKPU No 6 Tahun 2016 Tentang Tahapan, Program,dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota 2017

Berikut ini tahapan-tahapan yang masih harus dilalui Teman Ahok sesuai dengan PKPU :


Amalia mengatakan dalam prosesnya nanti pemenuhan syarat administratif KPU ini akan membutuhkan banyak energi  dan tentu saja dana yang tidak sedikit.  Amalia mencontohkan Salah satu syarat administratif KPU yang cukup membutuhkan dana adalah pengumpulan dokumen syarat dukungan yang harus dibuat dalam 3 rangkap. 

“Kalau rata-rata biaya fotokopi  di Jakarta adalah Rp. 100 per lembar dan Teman Ahok harus menggandakan  1 juta form dukungan menjadi 3 rangkap artinya kan biaya yang dihabiskan untuk penggandaan form dokumen dukungan saja membutuhkan biaya sekitar 300 juta rupiah“ ujarnya.

Amalia menegaskan meskipun nantinya aktivitas Teman Ahok membutuhkan dana yang tidak sedikit. Teman Ahok  tetap tegas pada prinsip utama bahwa Teman Ahok tidak menerima donasi dalam uang tunai.  “Kami akan selalu mengedepankan kampanye kreatif dan positif dalam upaya penggalangan dana seperti yang sudah kami lakukan selama ini melalui penjualan merchandise Teman Ahok” Amalia menambahkan.

Sehingga munculah sebuah ide untuk mengadakan acara bertajuk Teman Ahok Fair yaitu sebagai sebuah  wadah penggalangan dana yang mana seluruh dana terkumpul nantinya akan digunakan untuk biaya operasional Teman Ahok kedepannya.

Teman Ahok Fair sekaligus sebagai pemuncak dari proses pengumpulan satu juta KTP yang telah Teman Ahok lakukan  kurang lebih setahun belakangan.

“Teman Ahok Fair nantinya akan diadakan di Hall B Gudang Sarinah Ekosistem di daerah Pancoran, Acara Teman Ahok Fair ini nantinya akan dikemas dalam sebuah rangkaian Bazar yang mana didalamnya ada penampilan musik, talkshow dan  juga kegiatan sosial lainnya.  Acaranya akan diadakan selama dua hari yakni 28-29 Mei 2016, pengumpulan dana selain lewat penyewaan Booth kita juga tetap melakukan penjualan merchandise yang didesain khusus untuk acara ini dan juga ada harga tiket masuk acara tapi tetap murah HTM nya 25 rb aja kok” papar Amalia menjelaskan.

“Kita memikirkan betul harga tiket masuk ini supaya tidak memberatkan, tapi juga membuat orang bisa berkontribusi terhadap gerakan Teman Ahok. Kita putuskan harga tiket tidak usah mahal-mahal, jadi 25 ribu saja” ujar  perempuan berkacamata ini tersenyum.

Amalia berpendapat, Teman Ahok Fair nantinya dapat menjadi standar baru dalam  budaya berpolitik di Jakarta. “Teman Ahok Fair ini nantinya akan jadi saksi besarnya tingkat partisipasi dan tingkat dukungan warga DKI Jakarta terhadap calon independen.  Partisipatif kan soalnya   kita semua yang sama - sama membiayai, kita semua yang sama – sama  mengeluarkan energi dan rela meluangkan waktu dan pikiran demi satu cita-cita yang juga kita perjuangkan bersama” tutupnya.

Butuh informasi lebih lanjut mengenai acara Teman Ahok Fair dapat dilihat disini http://temanahok.com/fair atau dapat menghubungi Zahra tentang penyewaan booth di +6282146530865