Terima kasih sebelumnya kami ucapkan kepada teman-teman atas sambutan yang luar biasa dalam pengumpulan KTP untuk Ahok. Namun kami juga perlu meminta maaf kepada semua teman-teman, baik di Facebook maupun Twitter jika kami belum dapat membalas satu persatu pertanyaan-pertanyaan yang teman ajukan seputar pengumpulan KTP untuk Ahok. Hal ini dikarenakan jumlah message dan post yang kami terima per hari kini sudah terlalu banyak (mencapai ribuan) sementara jumlah admin sangat terbatas.

Maka dari itu kami buatkan FAQs atau (Frequently Asked Questions) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang sering masuk di inbox kami. Jadi untuk teman-teman sebelum mengirimkan pesan berupa pertanyaan,  mohon kiranya untuk mengecek  terlebih dahulu Frequently Asked Question (FAQ)

Terima kasih.

 

FAQ UTAMA : SEPUTAR CARA PENGUMPULAN KTP

Q : BAGAIMANA CARA MENGUMPULKAN KTP UNTUK AHOK?

A : Sebelum dijawab, perlu disampaikan bahwa pengumpulan KTP ini tidak cukup dengan mengumpulkan fotokopi KTP saja. KPU mensyaratkan harus ada tandatangan basah dan hardcopy (bukti fisik) pernyataan pengumpulan KTP. Jadi harus ada formulir yang diisi dan ditandatangani terlebih dahulu:

Cara pengumpulan KTP sendiri ada 2 cara yaitu; Mengirimkan sendiri formulir dan Fotokopi KTP kepada kita (dengan Jasa Pengiriman), atau dengan cara datang langsung ke POSKO-POSKO (Posko Rumah, Posko Booth, atau Posko Keliling) Teman Ahok.

Q : BAGAIMANA CARA MENGUMPULKAN KTP DENGAN JASA PENGIRIMAN?

A: Dengan cara ini teman-teman terlebih dahulu harus mengunduh (download) formulir, mengisi dan menandatanganinya, untuk kemudian mengirimkannya pada akan langsung mengirimkan formulir yang telah diisi dan ditandatangani kepada kami,

Langkah-langkahnya

     1.     Silakan download form dukungan di link berikut : http://temanahok.com/ktpuntukahok  di sebelah kanan ada tulisan              "Download Form", KLIK TOMBOL TERSEBUT.

     2.     Setelah form terdownload, print form di kertas A4

     3.     Kemudian isi form dengan data yang benar, tanda-tangani, dan tempel fotocopy KTP DKI Jakarta di bagian kiri                    bawah form.

     4.     Masukkan kedalam amplop dan kirimkan ke Sekretariat Teman Ahok :

            ·   Jika mengirim via Pos Indonesia, silakan kirim ke : PO BOX 1072 JKS 12010 (GRATIS)

            ·   Atau bisa juga mengirim via jasa pengiriman lain (misal; JNE, GED, Tiki, dll) ke alamat : Komplek Graha Pejaten                 no. 3, Jalan Pejaten Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12510

      5.     Selesai

 

Q : SAYA INGIN MENGUMPULKAN KTP LEWAT POSKO, APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN?

A : Mengumpulkan KTP lewat posko (baik itu posko wilayah, posko booth, maupun posko keliling) lebih mudah. Teman-teman tinggal membawa fotokopi KTP ke posko-posko tersebut.

Langkah-langkahnya

      1.     Silahkan temukan posko, posko berjalan dan booth resmi Teman Ahok terdekat dari tempat tinggal anda atau                       yang dapat teman-teman akses di laman ini http://temanahok.com/posko (Daftar posko selalu kami update per                     minggu, Untuk Posko Keliling waktu dan tempatnya akan di update di sosial media FB dan Twitter)

      2.     Pastikan anda membawa KTP DKI Jakarta anda

      3.     Isi form yang disediakan di posko kemudian tempelkan fotocopy KTP anda dalam form dan bubuhi tanda tangan                 anda

      4.     Kembalikan formulir tesebut kepada Relawan Posko.

      5.     Selesai

 

FAQ LAINNYA :

Q : APAKAH FORM DUKUNGAN BISA DIKIRIMKAN DALAM BENTUK SOFTCOPY VIA EMAIL, WHATSAPP, ATAU PERSONAL MESSAGE FACEBOOK, DSB?

A : Jawabannya adalah TIDAK BISA, karena sesuai dengan persyaratan KPUD DKI tentang pencalonan independen, form dukungan wajib dibubuhi tanda tangan basah, sehingga tidak memungkinkan form dikirimkan dalam bentuk soft copy

 

Q: DALAM PENGIRIMAN, BOLEHKAH SAYA MEMASUKKAN LEBIH DARI SATU FORMULIR DALAM SATU AMPLOP?  

A : SANGAT BOLEH. Ini akan menghemat biaya dan menambah efektifitas pengumpulan KTP

 

Q : BOLEHKAH FORMULIR TEMAN AHOK NYA DIFOTOKOPI? ATAU DI-PRINT HITAM PUTIH?

A : SANGAT BOLEH. Cetakan formulir nya tidak penting, yang penting adalah fotokopi KTP, isian data, dan tandatangan basah dari teman-teman.

 

Q: BOLEHKAH SAYA MENGISI DAN MENGIRIM DUKUNGAN TANPA DIFOTO KE SOSMED TERLEBIH DAHULU?

A : BOLEH. Hal ini tidak bersifat wajib. Kami awalnya berpikir ini akan bagus untuk meramaikan sosmed. Namun dalam perjalanannya, foto yang dikirimkan sangat detail sehingga dapat mengumbar identitas teman-teman di internet. Untuk itu kami sedang merevisi untuk menghilangkan ini dalam petunjuk pengiriman di web. Mohon maaf, kesalahan ada di pihak kami.

 

Q : SAYA BERPROFESI SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS)/TNI/POLRI, DAPATKAH SAYA IKUT MENGUMPULKAN KTP UNTUK AHOK?

A : KPU mensyaratkan bahwa KTP yang terkumpul tidak boleh memiliki pekerjaan (yang tertulis di KTP) sebagai PNS/TNI/Polri. Namun jika di KTP anda tidak tertulis profesi-profesi tersebut, anda tetap bisa mengumpulkan KTP untuk Ahok.

 

Q : KTP SAYA BUKAN DKI JAKARTA, DAPATKAH SAYA MENGUMPULKAN KTP UNTUK MENDUKUNG AHOK?  KALAU TIDAK, APA YANG BISA SAYA LAKUKAN?

A:  Sayang sekali KTP NON DKI JAKARTA tidak bisa digunakan sebagai KTP Dukungan. KPU Hanya mengakui KTP DKI Jakarta untuk mendukung Ahok maju sebagai calon independen.  Jika kamu ingin untuk tetap mendukung Ahok maju independen pada tahun 2017, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan :

     1.     Memberi tahu dan membujuk teman-teman dan sanak saudara yang memiliki KTP DKI untuk mengumpulkan KTP                untuk Ahok. Cara ini akan sangat efektif untuk kampanye kita agar memiliki efek mulut ke mulut. Pelan-pelan                        kampanye akan menjadi massif.

     2.     Mendukung Pendanaan Teman Ahok dengan membeli Merchandise Teman Ahok yang dijual                                                di http://temanahok.com/toko atau di http://facebook.com/tokotemanahok. Setiap rupiah keuntungan penjualan                    akan digunakan untuk operasional teman Ahok, mulai dari percetakan formulir sampai dengan penyewaan posko                booth, bensin mobil posko keliling dll. Pertanggungjawaban penjualan secara berkala akan kami laporakan di web                Teman Ahok.

     3.    Aktif di sosial media (facebook dan twitter) Teman Ahok. Tingginya animo pertanyaan dari netizen membuat kami                 terkadang kesulitan untuk membalas satu persatu pertanyaan. Jika teman-teman aktif, teman-teman dapat                           membantu menjawab pertanyaan sesuai dengan FAQ ini. Ini akan sangat membantu kami.

Q : RUMAH SAYA DI WILAYAH X, DIMANAKAH SAYA BISA KUMPULKAN KTP?

A : Pengumpulan KTP tidak terbatas pada wilayah tertentu, selama berada di wilayah DKI Jakarta. Sehingga, dimanapun tempat tinggalnya, pendukung tetap bisa mengumpulkan fotokopi KTP di posko manapun. Misalkan kamu tinggal di Pasar minggu, tapi datang ke Posko di Kuningan, kamu dapat kumpulkan KTP di posko tersebut. Atau kamu juga bisa mengirimkan langsung ke alamat kami.

Jika kamu ingin tahu lokasi posko yang terdekat dengan tempat tinggal atau yang bisa kamu akses, silahkan dilihat pada link berikut : http://temanahok.com/posko

Atau, jika tidak ada posko yang cukup mudah untuk didatangi, atau memang tidak punya waktu untuk mendatangi posko, tidak apa-apa. Karena pengumpulan KTP masih bisa dilakukan dengan cara mengirimkan langsung form dukungan beserta fotokopi KTP ke alamat kami. Caranya :

   1.     Silakan download form dukungan di link berikut : http://temanahok.com/ktpuntukahok di sebelah kanan ada tulisan                "Download Form", klik.

   2.     Setelah form terdownload, print form di kertas A4

   3.     Kemudian isi form dengan data yang benar, tanda-tangani, dan tempel fotocopy KTP DKI Jakarta di bagian kiri                    bawah form.

4.     Masukkan kedalam amplop dan kirimkan ke Sekretariat Teman Ahok :

        · Jika mengirim via Pos Indonesia, silakan kirim ke : PO BOX 1072 JKS 12010

         · Jika mengirim via jasa pengiriman lain (misal; JNE, GED, Tiki, FedEx, dll) ke alamat :

           Komplek Graha Pejaten no. 3, Jalan Pejaten Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12510

Q : SAYA MEMILIKI KTP DKI JAKARTA, TAPI SAAT INI SAYA TINGGAL DI LUAR NEGERI.

A : Selama KTP yang dimiliki merupakan KTP DKI Jakarta yang belum habis masa berlakunya, maka BISA. Prosedur dukungan tetap sama, pengiriman form dan fotokopi KTP dapat melalui Pos Indonesia maupun jasa pengiriman lain ke alamat yang sudah disebutkan.

Namun jika tidak punya KTP DKI Jakarta yang masih berlaku, maka dukungan yang mungkin dilakukan tidak hanya melalui pengumpulan KTP. Melainkan dapat melalui pembelian merchandise maupun menyebarkan informasi ini pada sebanyak-banyaknya teman, kolega, maupun sanak keluarga yang memegang KTP DKI Jakarta.

 

Q: SAYA INGIN JADI BAGIAN DARI RELAWAN TEMAN AHOK, BAGAIMANA CARANYA?

A : Teman Ahok  bukanlah merupakan organisasi relawan yang merekrut relawan. Teman Ahok berfokus pada pengumpulan KTP. Jika kamu mengumpulkan KTP untuk Ahok, secara otomatis kamu adalah Relawan Teman Ahok, karena kamu telah rela memberikan KTP kamu untuk Ahok.

Namun memang ada relawan lain yang mau memberikan lebih dari sekedar KTP. Untuk itu kami juga memfasilitasi, ada yang memiliki waktu dan tenaga sesuai dengan kemampuannya. Salah satunya adalah RELAWAN POSKO. RELAWAN POSKO merupakan teman-teman yang mau berkorban tempat, waktu, dan SDM untuk membuka Posko, baik di tempat tinggal maupun tempat usahanya.


Q: BAGAIMANA JIKA HEADER WARNA MERAH PADA FORMULIR TEMAN AHOK TIDAK TERCETAK? (*NEW)

A: Periksa beberapa hal yang disebutkan dibawah ini:

1. Update Adobe Reader atau Adobe Acrobat anda ke versi terbaru.

2. Periksa settingan printer anda, Centang “Printing in Color” jika tersedia.

3. Periksa tinta warna pada printer, materi berwarna tidak akan tercetak bila tinta warna habis.

4. Jika masih terdapat kesalahan, uninstall driver printer anda. lalu install kembali seperti semula.


Kerelawanan seperti ini akan kami support nantinya dengan Banner, formulir, dan akan kami umumkan secara resmi di web Teman Ahok. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat mengubungi kami di :

021-7941658  (aktif pukul 10.00-13.00 WIB dan 14.00-17.00 WIB) atau melalui nomer ini

(SMS/TELP) 0812 8699 9908 & 0812 8699 9981 (Mohon Maaf dan Bersabar jika SMS/Telp anda lama direspon.)

Terakhir diperbaharui: 19 Agustus 2015.