Dalam persidangan kasus penistaan agama yang digelar hari ini (13/12/2016), Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) beberapa kali menyebut nama Andi Baso Amir, ayah angkat Ahok yang juga bersahabat dengan ayah kandungnya, Indra Tjahaja Purnama. Andi Baso Amir (Alm.) bersama istrinya Misribu Baso Amir (Almh.), telah merawat Ahok sejak kuliah di Trisakti.

Ahok sempat menangis saat membacakan Nota Keberatan atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum. Pasalnya, Ahok menangis karena sedih dianggap menistakan agama keluarga angkat yang begitu menyayanginya seperti anak sendiri. “Kecintaan kedua orangtua angkat saya kepada saya, sangat berbekas, pada diri saya, sampai dengan hari ini” kata Ahok.

Keluarga Baso Amir sendiri merupakan penganut Islam yang taat. Almarhum Andi Baso Amir merupakan keturunan Raja Bone, kerajaan di Sulawesi Selatan yang telah menerima masuknya Islam ke Kerajaan Bone sejak 1590. “Saya seperti orang yang tidak tahu berterimakasih, apabila saya tidak menghargai agama dan kitab suci orang tua dan kakak angkat saya yang Islamnya sangat taat” kata Ahok dihadapan Majelis Hakim.

Putra Andi Baso Amir. Andi Analta Amir, juga turut bicara membenarkan kedekatan orang tuanya dengan orang tua Ahok."Ibu saya pernah cerita kalau ayah Ahok dan ayah saya sudah berikrar disaksikan ibu saya, 'kita saudara dunia akhirat. Anakmu anakku, anakku anakmu'," kata Analta, seperti dikutip dari kompas.com.