Dua hari lagi, Rabu 15 Februari 2017, warga Jakarta akan mengikuti Pilkada serentak yang diikuti 101 wilayah lainnya di Indonesia. Selain memastikan diri untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di hari pencoblosan, warga diimbau untuk memperhatikan beberapa hal yang menjadi kewajiban pemilih. Khususnya bagi pendukung pasangan calon Ahok-Djarot, mari kita cermati poin-poin berikut untuk memastikan kita tetap tertib:

1.     Tidak Memakai Atribut Kotak-Kotak Ahok-Djarot

Perlu diingat bahwa prinsipnya TPS adalah lokasi yang netral dari atribut politik apapun. Atribut politik yang dimaksud bukan hanya spanduk atau umbul-umbul, tapi juga termasuk semua atribut kotak-kotak pakaian, pin, syal, topi, dsb. Seperti diketahui, atribut kotak-kotak merah-biru merupakan identitas kampanye pasangan Ahok-Djarot. Jadi, pastikan atribut kampanye kotak-kotak yang kamu punya disimpan dulu di rumah ya pada hari pencoblosan nanti. Kecuali baju kotak-kotak selain baju identitas kampanye Ahok-Djarot.

2.     Datang Tepat Waktu

Pastikan kamu tidak datang kesiangan di hari pencoblosan nanti. TPS akan buka sejak pagi pukul 07:00-13:00 WIB. Jangan lupa, sebelumnya pastikan lokasi TPS kamu supaya tidak perlu repot mencari di hari H. Kamu bisa cek namamu di DPT dan lokasi TPS di link ini.

3.     Membawa Kartu Identitas

Pemilih diimbau untuk membawa KTP Jakarta dan Kartu Keluarga (KK). Apabila kamu sudah menerima surat C6, silakan dibawa dan ditunjukkan ke petugas TPS setempat. Kalau belum, kamu bisa cek namamu di Daftar Pemilih Tetap yang akan ditempel di masing-masing TPS. Kalau namamu belum ada di TPS, kamu bisa tunjukkan E-KTP dan KK, atau surat keterangan (suket) dari Disdukcapil.

4.     Pastikan Mencoblos Dengan Benar

Pastikan kamu mencoblos kertas suara dengan benar. Jangan sampai suaramu dianggap tidak sah hanya karena kelalaian kecil. Pastikan kamu hanya mencoblos salah satu pasangan calon pilihanmu, dan pastikan bekas tusukan berada didalam kotak foto paslon.

5.     Perhatikan Sekeliling

Perhatikan keadaan sekelilingmu. Pastikan tidak terjadi pelanggaran, intimidasi, dan kecurangan di TPS tempat kamu memilih. Bawa smartphone-mu. Apabila kamu menemukan indikasi pelanggaran, foto dan rekam lalu serahkan bukti ke relawan Teman Ahok yang akan bertugas di TPS. Jangan lupa sebarkan di sosial media kamu.

Nah, berikut ini adalah kemungkinan pelanggaran pencoblosan yang harus kita antisipasi bersama demi Pilkada yang jujur dan adil: