Kalau kamu sudah memastikan namamu terdaftar di DPT, artinya kamu berhak datang dan memilih ke TPS sejak pukul 7.00 pagi. Nah bagi beberapa orang, bangun pagi saat tanggal merah terasa berat, apalagi kalau malamnya ada pertandingan bola. Padahal, datang ke TPS sejak pagi justru berpotensi menghindarkanmu dari beberapa macam kerugian, seperti;

1.    Panas-panasan

Semakin siang, tentu cuaca semakin panas, dan bisa jadi alasan lain untuk batal datang ke TPS. Apalagi kalau sudah diatas jam 10. Sementara kalau pagi, cuaca dan pikiran masih segar untuk melangkah ke TPS. Buat yang masih ragu dengan pilihannya, kamu juga punya waktu luang untuk googling dulu rekam-jejak kandidat dan memilih dengan rasional.

2.    Nggak Bisa Ikut Mengawasi TPS

Kalau kamu datang dari pagi, kamu bisa ikut memantau transparansi TPS. Karena sebelum warga dipersilakan memilih, panitia akan menunjukkan terlebih dahulu kotak suara yang masih disegel, bilik suara yang memenuhi standar, hingga jumlah surat suara. Kalau kamu datang siang, tentu kamu akan melewatkan kesempatan ini.

3.    Semakin Siang, Antrian Makin Panjang

Semakin siang, pasti TPS akan semakin ramai kedatangan pemilih. Buat kamu yang tidak terlalu betah menunggu lama, tentu hal ini terasa membosankan. Kecuali, kalau kamu memang sengaja mau ke TPS sekaligus silaturahmi dengan tetangga. Asal jangan terlalu siang ya.

4.    Kehabisan surat suara

Pada Pilkada putaran pertama, banyak aduan masyarakat yang mengeluhkan surat suara yang sudah habis sebelum pukul 13 siang. Ini menyebabkan antrian panjang dan mengakibatkan banyak hak suara warga yang tidak tersalurkan. Tentu kamu tidak mau melewatkan pesta demokrasi lima tahunan ini hanya karena kehabisan surat suara kan? Nggak rugi kok mengusahakan datang pagi.

5.    TPS Keburu tutup

Ini bisa banget terjadi kalau kamu datang terlalu siang, dan sudah tidak ada antrian di TPS-mu. Panitia boleh menutup TPS setelah pk. 13 jika tidak ada antrian panjang. Panitia memang tidak boleh menutup TPS jika samoai pk 13 siang antrian masih ramai. Tapi kalau cuma satu-satu sih, biasanya yang kesiangan nggak akan ditungguin.

Demikian lima kerugian yang mungkin kamu alami kalau kamu datang kesiangan ke TPS. Kamu baru harus datang siang kalau namamu tidak terdaftar di DPT. Memang sih, lebih baik datang siang daripada tidak datang sama sekali tapi demi menghindari lima potensi kerugian diatas, tidak ada salahnya kan kamu datang pagi.

Selamat merayakan pesta demokrasi, warga Jakarta..