Dengan penambahan 2.747 KTP pada hari selasa lalu (12/10), Teman Ahok hari telah berhasil telah berhasil melewati suara Partai Gerindra sebagai partai terkuat kedua di DKI Jakarta pada Pemilu Legislatif 2014 lalu. Teman Ahok tercatat telah mengumpulkan 593.009 KTP, lebih banyak 441 KTP dari Perolehan Gerindra 592.568 suara.

Amalia Ayuningtyas, juru bicara Teman Ahok menyatakan bahwa Teman Ahok telah menunggu saat-saat ini. “Politisi Gerindra merupakan salah satu yang sangat vokal mengomentari gerakan ini, dan hari ini kami sangat bersenang hati bahwa Teman Ahok telah mendapatkan kepercayaan yang lebih besar dari Gerindra.” ucap Amalia.

Dengan terlewati Gerindra, Amalia menyampaikan bahwa Teman Ahok seterusnya akan fokus kepada dua hal, yaitu Pencarian Wakil untuk Ahok dan memenuhi target 1 Juta KTP. “Melewati Gerindra merupakan milestone terakhir kita menuju 1 juta KTP. Tidak ada lagi partai diantara target dengan perolehan KTP, Otomatis ini menuntut kerja keras dan fokus panjang.” ucapnya.

Untuk pencarian wakil Gubernur untuk Ahok, Amalia mengaku Teman Ahok sedang ikut memikirkan siapa kira-kira yang ikut mendampingi Ahok. Namun Amalia menegaskan untuk nama, akan diserahkan kepada Ahok sendiri. “Teman Ahok tidak akan mengajukan nama, tapi hanya karakter-karakter saja. Kita butuh wakil yang bisa kerjasama dengan Pak Ahok. Bukan wakil titip-titipan sebagai bentuk berbagi kekuasaan yang lazim di politik praktis.” Ucapnya.

Mekanisme pemilihan wakil sendiiri, menurut Amalia, masih dipikirkan oleh Teman Ahok. “Yang pasti ini bukan Teman Ahok sebagai organisasi yang memutuskan. Namun para Teman Ahok warga DKI Jakarta yang telah mengumpulkan KTP yang punya hak. Kami sedang pikirkan cara untuk melibatkan warga.” Jelasnya.

Amalia juga menghimbau para relawan untuk terus fokus, karena kemungkinan maneuver-manuver politik akan semakain banyak menjelang pemilihan. “Kita harus tetap waspada dengan apapun situasinya. Kemungkinan kita dijegal di akhir supaya Ahok terpaksa masuk lewat jalur partai itu tetap ada, maka kita minta teman-teman untuk pantau terus” kata Amalia. “Target kita, bulan Mei sudah harus tembus satu juta. Karena setelah itu kita masih akan disibukkan dengan pemberkasan dan entry ke database digital. Itu makan waktu” tutupnya.